Dunia tekhnologi terkini dengan informasi terpercaya.

2 Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Benar , Aman dan Ampuh


cara kalibrasi baterai android dengan benar

Cara kalibrasi baterai android - Baterai merupakan sebuah alat penyimpan daya listrik yang digunakan berbagai alat elektronik untuk bisa hidup dan dipakai tanpa harus selalu dicolokkan ke listrik dan bisa dibawa kemanapun. Seperti halnya baterai pada smartphone atau hp , terutama android, yang sekarang ini tambah canggih-canggihnya . Sekarang jika anda teliti baterai android dibekali dengan tipis, tetapi daya yang terdapat dalam baterai justru tambah besar, dan tentu berbeda dengan baterai hp jaman dulu yang besar tapi malah sedikit daya tampungnya.
Jika sudah lama baterai android itu bekerja maka tidak dapat dipungkiri bisa mengalami berbagai masalah, cepat habis, tidak tentu, tidak akurat dan sebagainya. Dan juga bisa mengalami kerusakan yang fatal.

Saya pun sama, pernah mengalami hal baterai yang cepat habis, dan mungkin ini disebabkan olleh tidak akuratnya pembacaan level baterai dengan daya aslinya. Contohnya seperti ini, di sidebar 100%, tetapi cepat habis dan mungkin baterai anda hanya punya daya 40%, ini bisa terjadi dan untuk mengatasinya anda harus kalibrasi baterai android anda.

Perlu anda ketahui fungsi kalibrasi baterai ini bukanlah untuk menambah daya baterai agar lebih awet , sesungguhnya tujuan dari kalibrasi adalah untuk meningkatkan kekauratan / akurasi pembacaan tingkat daya baterai saja.

Bagai mana cara kalibrasi baterai android yang benar ? dibawah ini akan kami ulaskan cara kalibrasi baterai android dengan  2 cara , 1 manual dan yang ke 2 dengan bantuan aplikasi ke 3.

2 Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Benar

1. Cara kalibrasi baterai android dengan manual
  • Silahkan anda gunakan android anda sampai baterai yang anda punya bener-bener habis , pastikan sampai mati dengan sendirinya.
  • Lalu, charge atau lakukan pengisian ulang baterai android anda dengan keadaan masih mati sampai full 100%.
  • Jangan nyalakan dahulu, biarkan android anda untuk beberapa jam , bisa 2 - 3 jam baru anda gunakan.
Jika cara manual diatas tetap tidak akurat pembacaan level baterai, anda bisa menggunakan cara yang ke 2 .

2. Cara kalibrasi baterai android dengan aplikasi khusus

Anda bisa menggunakan aplikasi bantuan atau pihak ke 3 untuk kalibrasi baterai android, beberapa aplikasi yang ada adalah current widget baterai monitor dan baterai calibration.

Kedua apikasi sama-sama membantu anda dalam membaca level baterai yang tersisa jadi anda dengan mudah dapat melihat level baterai yang sesungguhnya dengan bantuan aplikasi ini.

Begitulah yang kami tahu tentang cara kalibrasi baterai android dengan benar , aman dan ampuh. Jika anda berfikir ini bagus untuk dibagikan ke teman, silahkan anda share ke teman anda, semoga bermanfaat tentang kalibrasi baterai android ini.

Labels: Android, Tips

Thanks for reading 2 Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Benar , Aman dan Ampuh

Back To Top