Dunia tekhnologi terkini dengan informasi terpercaya.

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 4x Cepat Panas dengan Ampuh sampai dingin kembali

Xiaomi merupakan ponsel yang meemilki banyak peminat akhir-akhir ini. Tidak heran kalau hal itu terjadi, karena perusahaan dari ponsel ini menjualnya dengan harga yang lebih murah namun spesifikasi berkelas. Meskippun memang masih kalah jauh soal kualitasnya dari samsung, xiaomi tetap juga memiliki banyak sekali peminat dan fans-nya. Tahukah anda beberapa pengguna mendapati kalau xiaomi redmi 4x mereka cepat panas dan ditambahlagi baterai yang berkurang secara cepat.

Hal ini memang wajar pada smartphone lainnya, cepat panas memang ada alasan tersendiri. Contoh enyebab overheat atau cepat panas ini adalah terlalu lama digunakan main game. Namun kabarnya, onsel xiaomi 4x ini digunakan dengan semestinya dan tetap saja ponsel ini mengalami over heat dan mudah panas. Jika ini terjadi pada ponsel anda, sebaiknya anda harus segera bertindak untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan terjadi pada 4x anda.

Salah satu penyebab lainya adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel anda. Ini adalah kesalahan anda sendiri dan memang fatal akibatnya, jangan pernah memaksa ponsel 4x anda untuk bekerja secara ekstra.

Kami memiliki beberapa metode sederhana dan mudah untuk mengatasi masalah ini, tapi sebenarnya cara ini tidak hanya untuk xiaomi 4x saja, bisa anda lakukan pada smartphone jenis apapun.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai Pada Hp Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Dengan Simpel

Tips mengatasi xiaomi redmi 4x cecpat panas dan boros baterai

Kabarnya memang demikian, ponsel ini cepat panas dan boros baterai, ikuti metode dibawah ini untuk mengatasi masalah anda, insyaallah ampuh.

1. Pastikan tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang dan hapus aplikasi tak berguna.

Hal ini sering disepelekan oleh para pengguna smartphone padahal hal ini yang sangat besar dalam memicu terjadinya overheating pada ponsel mereka. Jika anda menjalankan banyak aplikasi yang anda biarkan berjalan dilatar belakang ya wajar-wajar saja kalau redmi 4x anda panas. 

Nah makanya mulai sekarang, tutup aplikasi jika anda sudah tidak menggunakannya. Biasanya mungkin anda menutupnya langsung lewat tombol home, itu tidak anjurkan karena membiarkan aplikasi bergerak dilatar belakang. Ketuk dahulu pada tombol recent apps dan singkirkan semuanya.

Untuk tambahan, jika ada aplikasi aplikasi pihak ketiga yang terlanjur anda install namun tak begitu berguna sebaiknya dihapus saja. Karena hal ini akan membuat RAM anda tidak terkuras dari aplikasi sampah yang hanya membuat berat CPU dan memicu terjadinya over heat atau cepat panas.

2. Update perangkat lunak (versi MIUI) dengan sering

Kenapa harus sering mas ? Anda tahu sendiri kalau biasanya terdapat pemberitahuan soal update miui atau kalau tidak ada pemberitahuan anda cek sendiri di pengaturan anda. Kenapa harus di update ? Anda harus melakukan ini sebab isi dari update perangkat lunak itu terdapat pembaruan mengatasi bug atau masalah yang terjadi, agar xiaomi 4x anda tetap berjalan dengan stabil.

Untuk update ini sendiri kadang harus mengeluarkan biaya yang lebih, tergantung isi dari update tersebut. Namun sebaiknya anda jangan merasa dirugikan dengan update ini, justru ini penting untuk kebaikan ponsel xiaomi anda.

3. Matikan kecerahan otomatis dan menggunakan kecerahan yang sedang saja

Tahukah anda kalau kecerahan pada layar ponsel ini juga berpengaruh untuk memicu cepat panasnya ponsel ? Ini sangat berpengaruh, jika anda tidak terlalu membutuhkan kecerahan layar otomatis, maka matikan saja dan kemudian atur kecerahan yang sedang-sedang saja sesuai kebutuhan. Jika layar ponsel anda menggunakan kecerahan layar yang tinggi dan dalam penggunaan yang terlalu lama akan memicu terjadinya overheat pada xiaomi redmi 4x anda.

4. Lepas pembungkus ponsel anda ketika sedang bermain game dan charging (mengisi daya perangkat).

Sekarang ini banyak ponsel yang dibungkus oleh pelindung yang berbahan elastis dengan alasan keamanan saat ia jatuh. Ini tidak ada yang salah, namun perlu anda ketahui dari sini bahwa ketika anda bermain game dengan menggunakan silikon pembungkus itu akan mengakibatkan redmi 4x anda cepat panas. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, saya pengguna xiaomi redmi 5a , disana ketika saya bermain ML (Mobile legends) dengan memasang silikon pelindung sekali main saja ponsel sudah panas banget. Kemudian saya mencoba melepasnya dan 5 sampai 6 kali bermain belum terasa panasnya.

Dan juga jangan lupa, ketika ponsel anda isi daya lepas juga pelindungnya, memang ini hanya sedikit berpengaruh.

5. Jauhi walpaper beranimasi dan kebanyakan widget

Layar lebar dari 4x memang saya akui, dan berpenampilan keren dalam layar memang mungkin penting bagi anda. Namun anda perlu tahu bahwasanya animasi di walpaper tersebut membuat cpu ponsel bekerja secara real time terus menerus , apa yang terjadi ? Ponsel xiaomi redmi 4x anda bisa cepat panas. Nah makanya hindari saja kalau bisa, yang sederhana saja lah untuk kebaikan ponsel. Widget banyak sih memang tidak berpengaruh banyak disana, namun lebih baik sesuai kebutuhan anda saja.

6. Jangan gunakan saat ponsel anda sedang mengisi daya

Sebatas hanya membalas sms tidak masalah dan tidak akan memicu terjadinya overheat ini. Yang menjadi masalah sekarang adalah bermain game sambil ngecash atau mengisi daya perangkat. Hal ini sangat berlebihan, ponsel anda bekerja secara real dan keras seolah anda memaksa dia untuk bekerja tiada henti. Ya antas akan membuat ponsel anda panas, ini yang sering dilakukan pengguna saat ini karena kecanduan bermain game moba terutama.

Mungkin anda pernah melihat atau mendengar kabar bahwa ponsel bisa meledak saat di cas. Apakah ini benar adanya ? Benar ! bayangkan saya kalau mesin anda paksa teruus bekerja dan tambah panas dan semakin panas, apa yang terjadi ? bisa memicu terjadinya ledakan. Maka ada larangan melakukan panggilan saat ponsel mengisi  daya, dan jangan gunakan bermain game juga itu sama saja. Hal ini penting untuk anda ketahui, bila anda bisa sebaiknya share artikel ini supaya keluarga atau teman anda terhindar dari kejadian memilukan tersebut.

Hal lain yang bisa memicu redmi 4x anda cepat panas adalah menggunakan kabel usb pengisian yang tidak sesuai, sebaiknya gunakan charger bateria ponsel yang asli saja. Karena hal ini memang juga berpengaruh terjadinya overheat dan saya pun juga pernah membuktikannya.

Kesimpulan

Jika semua metode mengatasi redmi 4x anda cepat panas diatas tidak berpengaruh apa-apa dan tetap saja cepat panas, maka anda harus menunggu pembaruan perangkat. Karena jika demikian terjadi itu berarti sebuah bug pada ponsel itu sendiri. Sebenarnya hal yang paling berpengaruh yang mengakibatkan terjadinya cepat panas adalah penggunaan ponsel itu sendiri, makanya kalau bisa jangan terlalu berlebihan, gunakan sesuai kebutuhan saja. jika main game ya perhatikan juga kondisi ponsel anda. Yang juga harus anda catat jangan gunakan ponsel anda saat sedang mengisi daya, berbahaya. Demikian artikel dari kami (saya) tentang bagaimana mengatasi xiaomi redmi 4x yang cepat panas atau overheat dan baterai terkuras habis, semoga bisa membantu anda. 
Labels: Tips, Xiaomi

Thanks for reading Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 4x Cepat Panas dengan Ampuh sampai dingin kembali

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 4x Cepat Panas dengan Ampuh sampai dingin kembali"
Back To Top