Dunia tekhnologi terkini dengan informasi terpercaya.

Cek Imei HP Xiaomi Terbaru dan Cek Legal di Situs Kemenperian

Cek Imei HP Xiaomi Terbaru - Xiaomi merupakan ponsel yang sedang booming di negara Indonesia. Tak heran karena ponsel ini memiliki ciri khas yang sesuai harapan orang indo, murah dan memiliki spek. Tapi alangkah malangnya kini pemerintah akan melakukan kebijakan baru pada ponsel black market. Apa itu black market ? Yaitu perdagangan yang tidak legal alias ilegal dan itu melanggar aturan perundang-undangan. Untuk mengetahui apakah ponsel xiaomi kita termasuk black market atau resmi maka kita perlu melakukan cek menggunakan nomor IMEI di dalam ponsel. Bagaimana cara cek IMEI hp xiaomi ?

Apakah anda mendengar isu-isu bahwa pemerintah akan memblokir hp yang tidak resmi ? Anda perlu berhati-hati membeli smartphone. Jangan mudah di iming-iming hp murah tapi tidak resmi, karena jika hp itu black market alias ilegal akan diblokir pemerintah. Untuk itu mari kita pelajari bagaimana melakukan cek hp resmi atau black market disini.
Baca juga : Nyalakan Xiaomi Kamu tanpa Tombol Power, Begini Caranya.

Cara mengetahui nomor IMEI Xiaomi

Anda tidak perlu repot-repot bertanya kesana kemari, karena mengetahui nomor IMEI ponsel android sangatlah mudah. Hanya ketikan dial up *#06# pada keyboard smartphone. Setelah anda mengetiknya akan muncul nomor IMEI ponsel dan nomor seri. Catat nomor imei tersebut karena nanti akan kita pakai untuk cek keresmian ponsel. 

Cara ini adalah yang apling mudah untuk mengetahui nomor imei hp. Baik itu hp dengan merk xiaomi, samsung, nokia android, vivo, oppo maupun brand-brand lainnya. Sekarang anda sudah tahu nomor IMEI pada ponsel xiaomi, Bagaimana cara cek apakah hp kita resmi atau ilegal (termasuk black market) ? 

Cara cek resmi atau ilegal ponsel dengan nomor imei pada situs kemenperian

Sudah ditegaskan berulang-ulang bahwa kemenperian / pemerintah bakal melakukan pemblokiran pada smartphone black market (BM). Karena hal ini bisa merugikan perdagangan negara. Kemenperian akan memblokir smartphone ilegal di Indonesia menggunakan nomor IMEI. 
Cek Imei HP Xiaomi Terbaru dan Cek Legal di Situs Kemenperian

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan cek apakah smartphone kamu resmi atau ilegal :
  1. Kunjungi situs kemenperian ini : https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Masukkan nomor IMEI di ponsel xiaomi kamu. Nomor IMEI memiliki 15 karakter.
  3. Klik tombol cari disebelahnya.
  4. Jika nomor IMEI ponsel xiaomi kamu terdaftar pada database kemenperian maka ponsel itu resmi namun jika tidak perlu siap-siap karena ponsel itu bakal diblokir pemerintah.
Sementara itu berita yang terkait dikutip dari tekno.kompas.com, bahwasanya pemerintah masih menggodok regulasi peblokiran smartphone black market. Ada 3 kementerian yang ikut andil dan terlibat, yakni Kemenperian, KemenKominfo, dan Kemendag.

Peraturan ini baru akan ditanda tangani 17 Agustus 2019. Dan minimal untuk melakukan pemblokiran itu butuh setidaknya 6 bulan dari tanda tangan kebijakan tersebut. Jadi kemungkinan pemblokiran smarphone black market akan dimulai 17 Februaru 2020.
Baca juga : Cara Mengatur Keyboard Xiaomi. 
Tetapi 6 bulan tersebut adalah waktu yang paling lambat, kemungkinan bisa jadi itu dipercepat. Tips yang mungkin bisa anda sampaikan untuk rekan kerja atau siapapun, Sebelum membeli hp bekas maka saya sarankan untuk melakukan cek imei dan keresmian ponsel. Jadi begitulah cara cek IMEI hp xiaomi dan melakukan cek apakah hp itu resmi atau BM (black market). Semoga bermanfaat. Spiritekno.com
Labels: Xiaomi

Thanks for reading Cek Imei HP Xiaomi Terbaru dan Cek Legal di Situs Kemenperian

Back To Top